Manasik Haji 2013 SMPIT Mutiara

Assalamualaikum!

Kali ini saya ingin bercerita tentang Manasik Haji yang diadakan oleh sekolah saya SMPIT Mutiara Duri Riau, yang diselenggarakan tanggal 5 Januari 2013 *OKE TELAT BANGET* Tapi bentar ya–ini blog kayaknya udah lama banget ga dikunjungi *bersihin sarang laba-laba*

Mari kita mulai ya.

Manasik Haji ini diadakan tiap tahun oleh sekolah saya, lokasinya di lingkungan sekolah aja, pernah tuh sekian tahun yang lalu di Masjid Agung Ushuluddin yang keren banget *bingik*, tata caranya ya kayak Manasik Haji pada umumnya. Sebenarnya TKIT Mutiara juga punya acara Manasik Haji. tapi tentu saja prosesnya nggak sedetail ini. Foto-fotonya saya ambil dari Manasik Haji tahun ini–sebagian besar dari tahun lalu. Biarin, ga jauh beda, kok. Mari kita simak!

Image

langkah pertama, kita nunggu dulu di Aula buat dikasih pengarahan. Suasananya kayak upacara-semihaji gitu *eh* sementara murid2 ribut diiringi talbiyah dari guru-guru yang mencoba mengajak muridnya untuk bertalbiyah bersama. Setelah itu, kita bergerak ke bagian atas sekolah untuk bertawaf.

Image

Yap. Ka’bahnya emang keren. :p

Lalu kita bergerak ke gerbang 1 untuk ber-sa’i.

Image

 

Sa’inya cuma pilar hijau yang dibatasi tali rafia aja, kelilingnya muter2, yagitudeh. Hehe. Terus kita tahalul (engga, ga cukur habis) lalu ke ‘Padang Arafah’ a.k.a lapangan parkir gerbang 2.

Image

 

Di ‘Padang Arafah’ ini kita mendengarkan ceramah sekian lama, terus dibiarin lepas buat berzikir (kebanyakan malah ngobrol dan ngeluh betapa panasnya sambil ngipas2), terus ktia shalat Zuhur dan Asar dijamak qasar. (enggak, gak beneran. orang-orang kita aja banyak yang sambil ngobrol)

Image

 

Setelah itu balik ke gerbang 1, negelmpar jumrah (maaf fotonya nggak ada)–yang mana adalah jumrah buatan dari kayu dan dilemparin pakai biji sago dan semacamnya. Yang ada setelah itu malah seseorang ngelempar temannya sambil nyebut “Bismillahi Allahuakbar!”, dikatain setan.

Nah, kalau yang ini foto dari tahun lalu. saya tahu saya harusnya ngepost tentang tahun ini aja tapi kejadian ini cuma ada tahun lalu. tapi biar keren sikit, mari kita poskan aja. Ini adalah Dam, yaitu denda jika melanggar wajib haji. Sebagai anak OSIS yang membantu bikin boneka (tepatnya balon) Dam ini rame-rame, saya cukup ajalah puas dengan hasilnya, berhubung kelihatannya nggak bisa lebih baik lagi dalam waktu yang tepat.

Image

 

Keren, kan? Keren, kan? Keren ajalah. *maksa* sayang banget taun ini ga ada yang begituan.

Lanjuuuuut, dari sana gerak lagi ke tempat tawaf untuk tawaf wada’, lalu sa’i untuk kedua kalinya. Setelah sa’i ngelempar jumrah lagi, baru deh balik ke kelas masing-masing. Eh, setelah tawaf wada’, kita disuguhi sama air zam-zam, lho. Asli!

Image

 

Mantap banget.

.

Sekian dari saya tentang Manasik Haji. Maaf kalau ada kesalahan dalam ngeblog. Semoga guru TIK saya bisa menghargai pos yang telah dibuat dengan usaha ini. Terima Kasih!

Wassalamualaikum wr. wb.

 

Regards,

NS13

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a comment